Flash News2020-06-10 09:38:39

6 Kepala Kantor Agama Ikuti Seleksi JPT Kanwil Kemenang

( words)

6 Kepala Kantor Agama Ikuti Seleksi JPT Kanwil Kemenang

Bandar Lampung (10/06/2020) - Menteri Agama Republik Indonesia Jenderal (Purn) TNI Fachrul Razi menjamin tidak ada praktik 'titip-titipan' dalam proses Seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Kementerian Agama.

"Saya garisbawahi, saya selaku Menteri Agama dan semua jajaran Menteri Agama tidak menitip satu nama pun untuk diperlakukan khusus, tolong dipegang ini,” tegas Menag saat membuka Asesmen Kompetensi bagi calon JPT Pratama yang dilakukan secara daring di UIN Jakarta, Rabu (10/06).

“Insyaallah kita akan menemukan orang-orang terbaik untuk mengisi jabatan ini. Saya jamin jajaran Menteri Agama tidak ada titipan, karena kita sudah punya panitia seleksi yang luar biasa dan calon-calon yang sangat mumpuni. Kalau kita nitip maka akan mengacaukan proses yang telah dibuat dan juga zolim kepada calon-calon yang mengikuti seleksi,” tegasnya.

Hari ini, lanjut Fachrul, tes masuk ke tahap assessment yang dilakukan secara online karena masih di dalam masa pandemi. “Tapi saya yakin tidak akan mengurangi objektivitas dan orang yang terpilih nanti adalah orang yang betul-betul berkompeten. Untuk yang nantinya tidak terpilih, saya harap tidak berkecil hati dan tetap melakukan tugas dengan sebaiknya-baiknya demi lancarnya pembangunan di bidang keagamaan,” pesannya.

Sementara itu, JPT di lingkungan Kanwil Kemenang Provinsi Lampung, diikuti oleh Enam peserta tes tahap ketiga seleksi terbuka JPT Pratama yang berlangsung di Aula Sai Batin, kantor setempat, Rabu, 10 Juni 2020.

Tes kali ini adalah Assessment Test Competency yang dilakukan oleh lembaga independen PT Sinergi Consulting. Yang secara teknis pelaksanaannya dibagi menjadi tiga sesi, yaitu proposal writing, talents mapping, dan interviu.

Sementara itu, Plt. Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Lampung H. Wasril Purnawan, SE, M.Si mengatakan bahwa proses tes ini dilakukan secara objektif dan tidak ada titip menitip dari siapapun. “Sehingga yang akan terpilih dalam proses ini merupakan pilihan terbaik dari beberapa calon yang sudah mengikuti seleksi,” ujarnya.

Wasril menambahkan, untuk pelaksanaan tes di Lampung diikuti oleh empat orang dan ada dua lagi yang mengikuti dari luar provinsi.

“Diantaranya adalah Kepala Kemenag KotaSel Bandar Lampung H. Mahmuddin Aris Rayusman, S.Ag, M.Pd.I, Kepala Kemenag Kabupaten Lampung Selatan Drs. H. Juanda Naim, MH, Kepala Kemenag Kabupaten Lampung Timur Drs. H. Karwito, MM, Pengawas PAI Provinsi Lampung Drs. H. Alamsyah, M.Pd, Kepala Kemenag Kabupaten Bangka Barat H. Syarifudin, S.Ag, M.Pd.I, dan Kepala Kemenag Kota Palembang H. Deni Priansyah, S.Ag, M.Pd.I. Tes ini merupakan tahap ketiga, yakni assessment test. Baru kemudian nanti setelah tes ini secara terpisah masing-masing dari peserta akan melalui tahapan wawancara dengan panitia seleksi,” paparnya.

“Tentu dengan melihat proses seleksi yang melibatkan tim independen dan juga panitia seleksi yang terdiri dari profesor senior di Kementerian Agama ini, dapat memberikan kabar gembira bagi kita semua tidak terkecuali ASN di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung,” sambungnya. 

“Semoga proses yang sudah dirancang sedemikian rupa betul-betul dapat menghasilkan calon Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Lampung yang benar-benar kredibel dan dapat membuat kemajuan bagi organisasi,” harapnya.

(wali/*)

Leave a Reply

Post Comment ⇾

Sign Up for Our Newsletter

Subscribe now to get notified about exclusive offers
from The .... every week!