Kesehatan2020-03-10 04:29:23

Hitung Ulang Dampak Pembatalan Iuran BPJS, Pelayanan Tetap Baik?

( words)

Hitung Ulang Dampak Pembatalan Iuran BPJS, Pelayanan Tetap Baik?

Jakarta (10/03/2020) – Pemerintah Indonesia, melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani merespons putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan permohonan uji materi terhadap kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Artinya, kenaikan iuran bagi seluruh kelas batal dilakukan. Menanggapi hal ini, Sri menyebutkan, pemerintah akan melihat implikasi pembatalan iuran terhadap keuangan BPJS Kesehatan.

"Kalau dia secara keuangan akan terpengaruh, ya nanti kita lihat bagaimana BPJS Kesehatan akan bisa sustain (bertahan)," ujar Sri di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (9/3).

Sri mengingatkan, meski tugas BPJS Kesehatan melakukan pelayanan terhadap para pesertanya tetapi perusahaan mencatatkan kerugian yang cukup besar. Hingga akhir Desember 2019 saja, angka kerugian yang ditanggung BPJS Kesehatan masih sebesar Rp 13 triliun.

"Meskipun saya sudah tambahkan Rp 15 triliun dia masih negatif, hampir sekitar Rp 13 triliun. Jadi, kalau sekarang dengan hal ini adalah suatu realitas yang harus kita lihat. Kita nanti review lah," kata Sri.

Sementara itu, Staf Khusus (Stafsus) Presiden Joko Widodo (Jokowi), Dini Purwono memastikan pemerintah akan mengupayakan agar pelayanan BPJS Kesehatan tetap baik.

"Menghormati keputusan MA. Akan mempelajari terlebih dahulu keputusan tersebut sebelum mempertimbangkan langkah-langkah selanjutnya," kata Dini kepada wartawan, Selasa (10/3/2020).

"Pemerintah akan berupaya agar pelayanan terhadap masyarakat pengguna BPJS tetap dapat diselenggarakan dengan baik," imbuhnya.

Dini meminta publik tidak khawatir. Dia menekankan pelayanan BPJS Kesehatan yang baik tetap menjadi fokus utama pemerintah.

"Intinya, apapun langkah/respons pemerintah nantinya, masyarakat tidak perlu khawatir karena pelayanan kepada masyarakat pengguna BPJS akan tetap menjadi perhatian utama pemerintah," tutur Dini. 

 

(KIKI)

Leave a Reply

Post Comment ⇾

Sign Up for Our Newsletter

Subscribe now to get notified about exclusive offers
from The .... every week!