Flash News2020-05-02 18:29:01

Kakanwil Kemenkumham Lampung Melakukan Kunjungan Ke Beberapa Unit Pelaksana Teknis

( words)

Kakanwil Kemenkumham Lampung Melakukan Kunjungan Ke Beberapa Unit Pelaksana Teknis

Provinsi Lampung ( 02/05/2020 ) -  Pada hari ke-9 Ramadhan, Sabtu (02/05), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Lampung, Nofli melakukan kunjungan ke beberapa Unit Pelaksana Teknis, khususnya jajaran Pemasyarakatan yakni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Sukadana, Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara (Rupbasan) Metro, Balai Pemasyarakatan (Bapas) Metro dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Metro. Kunjungan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung kali ini dalam rangka kunjungan kerja, pengarahan dan penguatan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Unit Pelaksana Teknis yang pertama kali ia kunjungi ialah Rutan Sukadana yang berada di Kabupaten Lampung Timur yang diterima langsung oleh Kepala Rutan, Jumadi. Ini merupakan kunjungan perdananya setelah sebelumnya ia dilantik menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung.

Sebelum melakukan pengarahan, Nofli terlebih dahulu meninjau sarana dan prasarana yang ada di Rutan Sukadana termasuk keadaan blok hunian. Kemudian ia memberikan pengarahan kepada seluruh pejabat dan pegawai Rutan Sukadana terkait pelaksanaan WBK dan WBBM. Menurutnya, segala sesuatu terkait komponen pengungkit yang berisikan 6 (enam) area perubahan seperti Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik harus benar-benar dilakukan agar nantinya membuahkan hasil ketika dilaksanakan penilaian.

Kemudian ditengah masa pandemic covid-19 ini, ia juga mengingatkan kepada pegawai Rutan Sukadana untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan agar terhindar dari virus yang mematikan ini. Kita harus jaga jarak agar tidak ikut menyebarkannya, ucap Nofli.

Selanjutnya Nofli mengunjungi Rupbasan Metro. Tak beda halnya dengan kunjungan di Rutan Sukadana, Ini merupakan kunjungan perdananya setelah sebelumnya ia dilantik menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung. Nofli diterima langsung oleh Kepala Rupbasan, Sahril. Sebelum memberikan pengarahan ia juga lebih dulu meninjau sarana dan prasarana yang ada di Rupbasan Metro yang untuk kemudian dilanjutkan dengan memberikan pengarahan kepada pejabat dan pegawai terkait pelaksanaan WBK dan WBBM pada jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung.

 

Nofli kemudian melanjutkan dengan mengunjungi Bapas metro yang lokasinya tepat berada di belakang Polres Metro dan diterima langsung oleh Kepala Bapas, Sukir. Ini merupakan kunjungan perdananya pula. Disana ia juga melihat sarana dan prasarana serta kesiapan bapas metro dalam upaya pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM, juga melakukan pengarahan kepada pejabat dan pegawai Bapas Metro.

Setelah mengunjungi Bapas Metro, Nofli kemudian bergegas mengunjungi Lapas Metro yang lokasinya berdekatan. ia disambut baik dan diterima langsung oleh Kepala Lapas, Ade Kusmanto. Di Lapas Metro, Ia didampingi oleh Karupbasan Metro, dan Kapabas Metro. Sama halnya dengan kunjungan sebelumnya ia juga kembali meninjau sarana dan prasarana yang telah disediakan oleh Lapas Metro guna mendukung pelaksanaan WBBM, karena sebelumnya Lapas Metro telah meraih WBK pada tahun 2018.

Sebelum memberikan pengarahan, Nofli mengapresiasi kepada Lapas Metro yang beberapa waktu yang lalu raih penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI atas Respon Progresif dan Inovatif Terhadap Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang disampaikannya secara langsung dalam Acara Upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-56 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Video Conference bersama Seluruh UPT Pemasyarakatan yang ada di Indonesia (27/04).

Untuk diketahui bahwa sebelumnya Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung, Nofli mengajak kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis Se-Wilayah Lampung untuk mengambil tindakan dan melakukan aksi peduli covid-19 dengan menyasar kepada masyarakat yang memang sangat membutuhkan sebagai wujud kepedulian kemenkumham Lampung akan pandemi ini.

Kakanwil kemudian melanjutkan dengan memberikan pengarahan kepada seluruh pejabat dan pegawai Lapas Metro dalam rangka upaya meraih WBBM. Ia mengharapkan kepada semua Kelompok Kerja (Pokja) minimal harus bisa menguasai bidangnya masing-masing, tetapi akan lebih baik jika semua bidang bisa dikuasai dan semua pegawai juga harus mendukung pelaksaan WBBM ini, harap Nofli.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pelaksaan buka bersama oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, Nofli, Kepala Lapas Metro, Kepala Bapas Metro, Kepala Rupbasan Metro dan jajaran pejabat dan pegawai Lapas Metro.

( wali )

Leave a Reply

Post Comment ⇾

Sign Up for Our Newsletter

Subscribe now to get notified about exclusive offers
from The .... every week!