Natizen2020-02-02 19:42:05

Ngopi bareng Mas Fran

( words)

Ngopi bareng Mas Fran


Ngopi  “ Ngobrol tentang kolaborasi, progres dan inovasi “ bareng Mas Fran  Kali ini Mas Fran berbicara tentang Kota, Emisi dan Perubahan iklim dimana hal tersebut sangat berhubungan dengan kondisi Kota Metro Kita saat ini yang kerap terdampak banjir. konsep kota yang idea, inilah 7 solusi lintas sektor dan terpadu terhadap permasalahan banjir perkotaan:

 

1. Evaluasi menyeluruh dan perbaikan terhadap kapasitas dan kinerja sistem drainase kota sebagai suatu jaringan dalam menghadapi kondisi terkini dengan curah hujan yang tinggi.

 

2. Pengkajian ulang dan pemutakhiran serta penerapan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) kota secara ketat dan terukur melalui rencana-rencana detil yang mendukung.

 

3. Penyediaan dan perlindungan Ruang Terbuka Hijau (RTH) formal dan non formal baik berupa taman, embung, lahan pekarangan, maupun area persawahan.

 

4. Penerapan prinsip-prinsip ramah lingkungan yang ketat terhadap pengembangan kawasan permukiman baru yang harus mematuhi pedoman tata guna lahan yang ada.

 

5. Pengelolaan sampah dan pengawasan yang diperketat terutama dalam tahapan pengumpulan sampah agar tidak terjadi pembuangan sampah ilegal khususnya di sungai dan saluran drainase.

 

6. Peningkatan kegiatan dan upaya pendidikan lingkungan hidup dan bencana alam kepada masyarakat agar siap dalam mencegah dan mengantisipasi dampak lingkungan yang tidak baik.

 

7. Penyusunan dan penerapan kebijakan-kebijakan pemerintah daerah yang selalu mengadopsi konsep mitigasi dan adaptasi terhadap permasalahan perubahan iklim di semua bidang baik sosial, ekonomi, budaya, pendidikan, infrastruktur dan sebagainya.


wartalensaindonesia.com


Leave a Reply

Post Comment ⇾

Sign Up for Our Newsletter

Subscribe now to get notified about exclusive offers
from The .... every week!