Flash News2020-07-30 04:54:46

Pertengahan 2020, Pemerintah Pusat Mulai Bangun 6 Km Saluran Irigasi di Lampung

( words)

Pertengahan 2020, Pemerintah Pusat Mulai Bangun 6 Km Saluran Irigasi di Lampung

WARTA LENSA IDNONESIA (Jakarta, 30/07/2020) - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun dan merehabilitasi jaringan irigasi serta saluran suplesi sepanjang 6 km dengan luas areal pelayanan 7.500 hektar di Lampung.

Proyek yang akan dimulai pertengahan tahun ini tersebut merujuk pada Peraturan Presiden No. 56 Tahun 2018 tentang perubahan atas Peraturan Presiden No. 58 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Seperti dikutip dari investor.id, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, PUPR akan mengembangkan dan mengelola jaringan irigasi untuk menunjang produktivitas sentra-sentra pertanian. Apalagi sejauh ini, PUPR juga telah membangun banyak bendungan di berbagai daerah. Ia menilai, peningkatan produktivitas pertanian akan dapat membantu pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

"Sebanyak 500.000 hektar (ha) irigasi akan dibangun dan 2,5 juta ha jaringan irigasi direhabilitasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai 2020 hingga 2024 mendatang," ujar Basuki Hadimuljo.

Dua dari tujuh PSN irigasi tersebut yaitu Daerah Irigasi (DI) Umpu Sistem di Provinsi Lampung berupa saluran suplesi sepanjang 6 km dengan luas areal pelayanan 7.500 hektar dan DI Leuwigoong berupa saluran irigasi primer sepanjang 86 km yang mengairi area potensial seluas 5.313 hektar di mana pembangunannya saat ini telah rampung.

Sedangkan lima jaringan irigasi PSN lainnya yakni DI Jambo Aye Kanan di Kabupaten Aceh Utara dan Timur Provinsi Aceh, DI Lhok Guci di Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh, DI Lematang di Kota Pagaralam Provinsi Sumatera Selatan, DI Gumbasa di Kabupaten Sigi dan Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah dan pembangunan bendung dan jaringan irigasi DI Baliase di Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan masih dalam tahap penyelesaian.

(wali) (foto:de jong fotography)

Leave a Reply

Post Comment ⇾

Sign Up for Our Newsletter

Subscribe now to get notified about exclusive offers
from The .... every week!