Flash News2020-03-12 12:47:19

Sebarkan Hoax Corona di Lampung, OVR Terancam Bui 10 Tahun

( words)

Sebarkan Hoax Corona di Lampung, OVR Terancam Bui 10 Tahun

Bandar Lampung (12/03/2020) - Diduga menyebarkan berita bohong (hoax) perihal virus corona di Lampung, seorang ibu rumah tangga berinisial OVR dari Desa Sinarjaya, Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus diamankan Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Lampung.

Patroli Cyber yang dilakukan dan dipimpin langsung oleh PS Kasubdit Kompol Rahmad Mardian, mendapati OVR melalui sosial media facebook, telah menggugah berita hoax di akun media sosial facebook miliknya sebanyak dua kali.

Pelaku pertama menggugah berita hoax tersebut pada tanggal 3 Maret 2020 dengan isi “Awas di Kabupaten Pringsewu, Kecamatan Pagelaran, ada yang kena Corona, yang pulang dari Malaysia”.

Sehari berikutnya pada tanggal 4 Maret 2020 pelaku kembali mengunggah berita hoax dengan isi, “Hati-hati Corona sudah masuk Lampung”.

Dua postingan tersebut telah dilihat sekitar 4.999 netizen, yang berteman dengan pelaku.

Terkait kejadian tersebut Kabidhumas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menghimbau agar warga berhati hati dalam menggunakan sosial media.

“Karena dugaannya panik, saya harap masyarakat bijak bersosial media, jangan langsung share dan unggah tanpa bukti yang jelas atau informasi yang akurat”, tegas  Kabidhumas.

Atas perbuatannya, OVR yang diamankan dikediamnnya pecan lalu, dapat dijerat dengan pasal 45 ayat (2) jo pasal 28 ayat 2, UU Nomor 19 tahun 2016, atas Perubahan UU Nomor 11 tahun 2008, tentang ITE, dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara.

 

(KIKI)

Leave a Reply

Post Comment ⇾

Sign Up for Our Newsletter

Subscribe now to get notified about exclusive offers
from The .... every week!