Flash News2020-11-24 14:24:05

Semakin Banyak Petinggi di Lampung Terpapar Covid-19

( words)

Semakin Banyak Petinggi di Lampung Terpapar Covid-19

WARTA LENSA INDONESIA (Bandarlampung, 24/11/2020) - Kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 di Provinsi Lampung harus lebih ditingkatkan lagi.  Hal itu menyusul diketahuinya Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang H Charis Mardiyanto dinyatakan positif COVID-19, dan sejumlah perwira menengah di lingkungan Polda Lampung.

Terpaparnya Ketua PT Tanjungkarang disampaikan, Humas PT Tanjungkarang, Jesayas, dalam keterangan resmi yang dilangsirnya, Selasa siang.

"Pada Rabu lalu, Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang positif COVID-19 telah diumumkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung," kata Humas Pengadilan Tinggi Tanjungkarang, Jesayas dalam keterangannya, di Bandarlampung, Selasa.

Dia mengatakan bahwa kondisi Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang saat ini sehat karena termasuk orang tanpa gejala (OTG) dan sedang menjalani isolasi mandiri.

Ia menjelaskan, Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang diketahui terkonfirmasi saat di kantor pada Senin (16/11) saat diadakan  tes cepat (rapid test) kepada seluruh pegawai, termasuk honorer, dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan pengadilan.

"Dari hasil rapid test itu didapatkan hasil reaktif enam orang, termasuk salah satunya bapak Charis," kata dia.

Kemudian, lanjut dia, Satgas COVID-19 Pengadilan Tanjungkarang langsung melakukan tes usap (swab test) kepada enam orang tersebut yang hasilnya Ketua PT terinfeksi virus corona dan lima lainnya negatif.

Atas kejadian itu dan guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan Satgas COVID-19 Pengadilan Tanjungkarang berkoordinasi dengan Gubernur Lampung dan Satgas COVID-19 Provinsi langsung melakukan swab kepada seluruh pegawai di sini.

"Hasil swab belum keluar karena baru kemarin dilakukan tes usap, kami juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan kantor dan seluruh pegawai diwajibkan memakai masker," kata dia.

Hingga kini kasus konfirmasi positif COVID-19 di Lampung berjumlah 3.249 dengan rincian pasien sembuh 1.878 dan kasus kematian akibat virus corona 158.

Sementara itu, dikutip dari halaman antara, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung membenarkan bahwa ada seorang perwira menengah Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Lampung terpapar COVID-19.

"Iya positif COVID-19," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, Selasa.

Ia mengatakan saat ini perwira menengah Polda Lampung itu tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Abdoel Moeloek (RSUAM).

"Saat ini beliau tengah menjalani perawatan di RSUAM, dan penelusuran kasus pasti dilakukan," katanya.

Menurutnya, perwira menengah Polda Lampung tersebut dalam keadaan baik dan stabil.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung meminta setiap dinas segera membentuk tim krisis setelah banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) terpapar COVID-19.

"Tiap dinas sudah kita minta untuk membuat tim krisis, jadi ketika ada staf yang terpapar COVID-19 dapat segera ditangani," ujar Sekdaprov Lampung, Fahrizal Darminto, Selasa.

Ia mengatakan, dengan adanya tim krisis COVID-19 di setiap dinas maka dapat membantu pengelolaan dan penanganan kasus di lingkungan kerja dinas setempat.

"Jadi tim krisis ini bertugas mengatur pola kerja di suatu dinas bila ada yang terpapar COVID-19 sehingga pekerjaan tidak terhambat, lalu dapat pula membantu mencegah adanya penyebaran kasus di lingkungan kerja karena penanganannya yang cepat.  Penelusuran kasus kepada keluarga ataupun teman satu kantor wajib dilakukan untuk mencegah persebaran di lingkungan kerja," ," pungkasnya.

(wali)

Leave a Reply

Post Comment ⇾

Sign Up for Our Newsletter

Subscribe now to get notified about exclusive offers
from The .... every week!