Flash News2020-06-10 20:40:56

Setelah 150 Kasus Positif, Pemprov Segera Rapid Test Massal 4 Daerah

( words)

Setelah 150 Kasus Positif, Pemprov Segera Rapid Test Massal 4 Daerah

Bandar Lampung (10/06/2020) - Guna mencegah terjadinya klaster baru dalam penyebaran virus corona di Lampung, pemerintah  setempat akan segera menggelar pemeriksaan cepat atau rapid test massa di empat daerah dalam Provinsi Lampung.  Yaitu di daerah Bandar Lampung, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Pesawaran, dan Kabupaten Lampung Tengah.

"Empat daerah itu memiliki jumlah penduduk yang banyak di Lampung,” ujar juru bicara Gugus Tugas Provinsi Lampung, Reihana Rabu (10/6).

Dalam pelaksanaannya, Reihana menjelaskan rapid test massal berfokus pada tempat yang strategis penularan dan penyebaran virus corona. Diantaranya, pasar tradisional dan terminal. Kedua tempat tersebut, dikhawatirkan menjadi klaster kasus baru di Lampung.

Saat ini, Pemprov Lampung masih menunggu data empat daerah terkait dengan jumlah orang sampel yang akan mendapatkan pemeriksaan cepat tersebut. Hal tersebut terkait dengan penyebaran virus corona di empat daerah yang saat ini jumlah kasus Covid-19 cenderung meningkat.

Pemprov sedang menyiapkan logistik pemeriksaan rapid test, dan juga menunggu data dari empat daerah tersebut, agar pelaksanaannya nanti berjalan lancar dan aman. “Maunya minggu depan sudah terlaksana,” kata Reihana.

Saat ini, berdasarkan data Dinkes Provinsi pada Rabu (10/6), jumlah ODP mencapai 3.275 orang, masih dipantau 66 orang, selesai dipantau 3.201 orang, dan ODP meninggal dunia 8 orang. Jumlah PDP 131 orang, masih dirawat/diisolasi 16 orang, sembuh 90 orang, dan PDP meninggal dunia 25 orang.

Sedangkan jumlah pasien positif Covid-19 sebanyak 150 orang, masih dirawat 31 orang, dan meninggal dunia 11 orang. Reihana, yang juga kepala Dinkes Lampung mengatakan, ada penambahan dua orang pasien positif yang sembuh sehingga menjadi 108 orang.

Sedangkan pemberlakuan new normal di Provinsi Lampung masih dalam pengkajian berbagai sektor, agar pelaknaannya nanti dapat berjalan aman dan lancar. Untuk saat ini, dua kabupaten yang sudah dilakukan kajian epidemiologi yakni Kabupaten Mesuji dan Lampung Timur. Dua daerah tersebut, selain nihil kasus positif Covid-19 juga menjadi daerah yang pertama pemberlakuan new normal di Lampung.

(kiki)

Leave a Reply

Post Comment ⇾

Sign Up for Our Newsletter

Subscribe now to get notified about exclusive offers
from The .... every week!